Dari Ferguson, Protes Menyebar ke Seluruh AS

Selasa, 25 November 2014 - 17:48 WIB
Dari Ferguson, Protes Menyebar ke Seluruh AS
Dari Ferguson, Protes Menyebar ke Seluruh AS
A A A
NEW YORK - Aksi protes yang terjadi di Ferguson, Amerika Serikat (AS), ternyata memiliki efek luas. Kini, protes menyebar ke sejumlah kota di AS. Aksi protes ini dipicu keputusan pengadilan Ferguson yang membebaskan polisi kulit putih yang menembak pemuda kulit hitam, Michael Brown.

Melansir Channel News Asia, Selasa (25/11/2014), protes menyebar mulai dari Seattle, Chicago, New York, hingga ke Washington. Di kota-kota itu, warga AS turun ke jalan untuk memprotes hasil pengadilan tersebut dan mengecam arogansi polisi yang memang kerap melakukan tindakan penembakan tanpa dasar.

Gedung Putih pun turut menjadi sasaran demo warga yang mengecam keputusan pemerintah dan pengadilan Ferguson. “Hentikan Teror Polisi Rasis” dan “Keadilan untuk Michael Brown” diteriakan oleh para demonstran di depan Gedung Putih.

Sementara itu di New York, ratusan orang turun ke jalan sembari membawa spanduk bertuliskan “Hentikan Tirani Polisi” dan “Rasis Pembunuh” sebagai bagian dari protes kebijakan di Ferguson. “Tidak Ada Keadilan, Tidak Ada Perdamian,” teriak seorang pengujuk rasa yang memadati kawasan Times Square.

Protes juga terjadi di beberapa kota besar di AS, seperti Chicago dan Los Angeles. Sedangkan di Oakland, California, dua wilayah yang dihuni oleh banyak warga kulit hitam, dilaporkan warga memblokir jalan-jalan utama, dan menggelar aksi protes. Hingga kini, belum ada laporan aksi anarkisme dalam protes itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)